Membidik Surga Di Bulan Puasa

Saudaraku, Malaikat Jibril ‘alaihis salam pernah menegaskan tiga hal. Ketiganya merupakan keburukan, dan malaikat Jibril mendoakan kebinasaan -kecelakaan- kepada ketiganya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengamininya:

PERTAMA: Seorang yang tidak bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika nama beliau disebut di sisinya.

KEDUA: Seorang yang sempat mendapati kedua orang tuanya atau salah satunya, namun kesempatan emas itu tidak menyebabkan dirinya masuk surga.

KETIGA: Seorang yang berkesempatan berjumpa dengan bulan Ramadan namun momen istimewa tersebut tidak menjadikan dosanya diampuni oleh Allah ta’ala. (Hadis sahih riwayat Ibnu Hibban)

Oleh karena itu, jika kita tidak ingin didoakan keburukan oleh Malaikat Jibril ‘alaihis salam yang diamini oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka hendaknya kita memperhatikan tiga hal berikut:

PERTAMA: Memperbanyak shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadan, khususnya di hari Jum’at, dan berusaha untuk selalu bershalawat kepada beliau ketika nama beliau disebut di hadapan kita.

KEDUA: Berbakti kepada kedua orang tua, khususnya di bulan Ramadan, demikian pula di bulan-bulan lainnya.

KETIGA: Manfaatkanlah bulan Ramadan dengan berbagai macam amal saleh, seperti berpuasa, shalat tarawih, memperbanyak tilawah al-quran dan dzikir, bersedekah, umroh, itikaf, berbagi buka puasa, membantu orang lain yang membutuhkan, dan ibadah-ibadah lainnya. Jangan lupa pula untuk meluruskan niat dalam mengerjakannya.

Jika kita perhatian dengan tiga hal di atas, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan membalas diri kita dengan surga. Semoga Allah memberikan taufik dan kemudahan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *